Selayang Pandang

Madrasah Tsanawiyah yang kemudian disebut MTs Darul Falah adalah satuan pendidikan setingkat sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) berciri khas agama Islam yang menyelenggarakan program pendidikan tiga tahun sebagai lanjutan dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar. MTs Darul Falah dikelola Oleh Yayasan Pelita Desa Sirahan Akta Notaris Soegianto, SH No 8 Tahun 1988 kemudian diperbaharui dengan Akta Notaris Febriana Susanti, SH, M.Kn.  No. 41 No. AHU 0017638. Ah. 01.04. tanggal 16 Oktober 2015 yang berkedudukan di Desa Sirahan Kec. Cluwak Kab. Pati.

Lima puluh tahun yang lalu para pemuka agama Islam bersama – sama masyarakat Desa Sirahan berupaya untuk memiliki sebuah lembaga pendidikan formal setingkat SLTP yang menitikberatkan pada pendidikan Agama Islam (tafaqquh fiddin) . Berkat kerja keras para pendiri dan dukungan masyarakat pada saat itu maka berdirilah MTs Darul Falah tepatnya pada tanggal 11 November 1970.

Dalam perjalannya untuk mendapatkan piagam terdaftar sebagai dasar penyelenggaraan pendidikan dari Departemen Agama waktu itu tidakalah mudah. Setelah selang waktu kurang lebih tujuh tahun dari berdirinya barulah MTs Darul Falah mendapatkan piagam terdaftar dari Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah dengan Piagam No; Lk/3.c/174/Pgm.Ts/78 tanggal,1 Januari 1978. Dengan demikian maka sejak didapatkannya Piagam Terdaftar tersebut berarti MTs Darul Falah telah diberikan hak penuh untuk menyelenggarakan pendidikan dan proses pembelajaran serta diperbolehkan pula untuk mengikuti ujian negara.

Dengan status terdaftar yang telah dimiliki nampaknya masih belum memberikan kepercayaan yang berarti bagi masyarakat. Kemudian dengan segala kekurangan dan kelebihannya Madrasah Darul Falah terus berbenah diri untuk meningkatkan status dari terdaftar ke status diakui.

Tiga kali akreditasi ulang yang diikuti setiap lima tahun sekali telah  memberikan perubahan status dari terdaftar menjadi diakui. Setelah lima tahun kemudian kembali mengikuti akreditasi dengan mendapatkan status yang sama yaitu diakui dengan piagam No. B/WK/MTs/744/1999. Status diakui bertahan hingga akreditasi tahun 2005. Status diakui yang kemudian disebut dengan Terakreditasi B, memberikan kegembiraan tersendiri bagi pengelola Madrasah. Hal ini karena dengan status tersebut nampak adanya peningkatan kepercayaan masyarakat dan animo masyarakat untuk menyerahkan putra putri mereka untuk dididik di MTs Darul Falah. Sehingga jumlah siswa terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan madrasah semakin besar dan luas.

Akreditasi tahun 2005 dengan status terakreditasi B disandang oleh MTs Darul Falah sampai tahun 2012 yang seharusnya berakhir pada tahun 2009 . Kemudian  barulah dilaksanakan akreditasi oleh Badan Akreditasi Madrasah pada tahun 2013 No. Piagam No.101/BAP-SM/IX/2013  Tgl. 16 Nopember 2013. Untuk kali ini pertama kalinya mendapatkan status terakreditasi A hingga  akreditasi berikutnya tahun 2019 juga kembali mendapatkan predikat Terakreditasi A dengan Sertifikat No.   817/BAN-SM/SK/2019

Sebagai salah satu unit pelaksana teknis di bidang pendidikan MTs Darul Falah Sirahan, mengemban tugas untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara berazaskan Pancasila dan UUD 1945, serta berpegang teguh pada ajaran Islam Ala Ahlissunah wal jamaah .  Oleh karena itu MTs Darul Falah senantiasa berupaya dalam peningkatan mutu pendidikan dan mutu pelayanan melalui proses tarbiyah, ta’lim, dan ta’dib, untuk mendapatkan output dan outcome yang unggul. Di antara tujuan pendidikan yang ingin dicapai oleh MTs Darul Falah Sirahan adalah terbentuknya manusia-manusia yang memiliki kemampuan keilmuan dan berkarakter dengan didasari keimanan yang kokoh dan keahlian yang memadahi serta memiliki akhlaqul karimah. Dengan demikian maka,  MTs Darul Falah Sirahan menetapkan visi madrasah, yaitu “ Terbentuknya Insan yang Unggul dalam Keimanan, Keilmuan, Keahlian dan akhlak mulia“.

Untuk mencapai visi tersebut dirumuskanlah langkah–langkah operasional dan strategis yang dijabarkan dalam bentuk misi dan tujuan madrasah. Hal itu secara terperinci akan dituangkan dalam bentuk program kurikulum dan pembelajaran yang dinamis, inovatif, partisipatif dan responsif terhadap perkembangan yang ada.

Melalui proses Evaluasi Diri Madrasah (EDM) hingga tersusunnya Rencana Kerja Madrasah (EDM) secara komprehensif dapat diagambarkan bahwa dari sisi kurikulum MTs Darul Falah menerapkan kurikulum kombinasi antara kurikulum standar Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Agama dan kurikulum lokal yang berbasis nilai-nilai pesantren yang dituangkan dalam bentuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).  

Dengan demikian maka dapat dilihat melalui KTSP ini seluruh program kurikulum dan pembelajaran yang diterapkan di madarsah yang mencakup pembelajran intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Intrakulikuler diwujudkan dalam bentuk struktur program kurikulum yang mencakup seluruh mata pelajaran yang diajarkan baik yang standar kurikulum Kemendiknas, Kemenag maupun lokal (kitab-kitab salaf) secara keseluruhan dapat dilihat dalam tabel berikut :

NOKEMEDIKNASKEMENAGLOKALEKSTRAKURIKULER
1Bahasa IndonesiaAl Qur’an HadisTajwidSeni Baca Al Qur’an
2Bahasa InggrisAkidah AkhlakNahwuBaca Kitab Kuning
3MatematikaFiqihSharafSeni Kaligrafi Arab
4IPASKIHadisMarchingband
5IPSBahasa ArabTafsirKIR
6PKNTauhidKDU
7TIK/PrakaryaBalaghohKepramukaan
8PenjasorkesUshul FIqihPMR
9Seni BudayaKasidah Rebana
10Mulok DaerahKomputer

Selain program kurikulum dan pembelajaran di atas juga ada beberapa program pendukung yang tidak kalah pentingnya seperti program penerimaan peserta didik baru agar mendapatkan input yang terukur dan terpetakan dengan baik, hal ini dilakukan dengan cara seleksi untuk menentukan program regular, takhasus dan tahfidh. Madrasah juga mempunya program ta’aruf dengan mengadakan kegiatan perkemahan dan kegiatan lainnya di desa-desa sekitar, kegiatan ta’aruf juga dalam bentuk mengadakan lomba-lomba sains dan seni di lingkungan madrasah yang diikuti oleh madrsah/sekolah sekitar. 

Banyak hal yang telah dicapai baik secara akademis maupun non akademis. Bidang akademis seperti tingkat kelulusan yang selalu 100 %, rata-rata nilai UN, UM yang memuaskan juga kejuaraan lomba-lomba mapel yang diikuti. Demikian juga  di bidang non akademis seperti lomba-lomba di bidang seni maupun olah raga dari tingkat kecamatan sampai tingkat nasional.

Dalam usianya yang semakin dewasa, keberadaan MTs Darul Falah semakin kokoh dan eksis seiring dengan perkembangan dan kemajuan yang telah dicapai disertai pula dengan semakin banyak dan luasnya kepercayaan masyarakat khususnya yang berada di sekitar Wilayah Kecamatan Cluwak, Tayu, Gunungwungkal, Keling, Donoroja, Kembang dan sebagaian masyarakat di luar Kabupaten Pati dan Jepara. Dari tahun ke tahun  minat para lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan yang sederajat untuk meneruskan pendidikannya di MTs Darul Falah Sirahan menunjukkan kecenderungan semakin meningkat, sehingga pada tahun 2020 telah tercatat siswa sejumlah 630 siswa yang terbagi atas 18 rombel, masing masing kelas terdiri dari 6 rombel. Dari beberapa keberhasilan yang telah dicapai saat ini tidak dapat melupakan jasa para tokoh pendiri antara lain KH. Ahmad Zen Faqih, K. Sukahar Abdul Hadi, H. Ali Mahmudi, KH. Umar Muslim, dan dari kalangan pemuda saat itu H. Abdul Muhith Zuhri, SH. dan Syamsuddin Sukahar, Bc. Hk.